29
Aug

0
P2K? Siapa Takut..

P2K? Siapa Takut..

MASA transisi mahasiswa baru dari sekolah menengah atas sederajat ke dunia kuliah dijalani dalam program orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang biasa disebut Ospek. Pelaksanaan Ospek biasanya dilakukan dengan dua tahap yaitu pada Ospek Universitas dan Ospek Fakultas dan setelah itu biasanya dilakukan Malam Keakraban di level prodi.

Tahun ini Ospek mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan atau yang di UAD lebih dikenal dengan Program Pengenalan Kampus (P2K) digelar pada tanggal 31 Agustus – 5 September 2015. Dan sebelum itu tanggal 29 Agustus dilakukan Technical Meeting.

Namun, banyak juga mahasiswa baru yang merasa takut menghadapi P2K di UAD. Karena memang, ospek di Tanah Air cenderung dihiasi berbagai aksi plonco, mulai dari yang ringan seperti aturan berpakaian yang nyeleneh, hingga plonco berat berupa hukuman fisik jika melakukan kesalahan.

Ketimbang dibayang-bayangi rasa takut tersebut, tetaplah berfikir positif karena kita akan mendapatkan banyak manfaat dan kenangan dengan mengikuti P2K di UAD. Berikut ini beberapa hal tentang P2K yang perlu diperhatikan.

Persiapan
Kamu bisa mempersiapkan diri dengan membaca semua informasi dalam media yang disediakan oleh kampus. Dan juga perlu, buka website kampus dan pelajari segala hal tentang almamater kampus kita UAD, khususnya mengenai P2K. Jangan lupa siapkan juga semua dokumen yang dibutuhkan.

Kegiatan
Tujuan utama P2K adalah menyiapkan maba agar terhubung dengan dunia kampus. Makanya, banyak seminar mengambil tema perkenalan mulai dari pejabat kampus, sistem kuliah, peraturan, unit kegiatan mahasiswa (UKM), dan banyak hal lainnya. Meski lelah karena segudang kegiatan, tetaplah fokus agar bisa mencerna semua informasi tersebut. Jangan khawatir, banyak juga kegiatan seru yang disiapkan panitia, kok!

Berteman
Kita pasti akan mendapat banyak teman baru saat P2K. Jadi, terbukalah dengan semua perkenalan. Siapa tahu, beberapa di antara teman baru kita itu akan menjadi sahabat seumur hidup.

Orientasi untuk orangtua
Bukan hanya maba yang perlu adaptasi, penyesuaian juga dibutuhkan para orangtua. Pihak UAD pun menyediakan sesi orientasi khusus untuk orangtua maba. Seperti halnya ospek, sesi ini akan diisi dengan pengenalan kampus dan sistem kuliah yang akan dijalani maba. Dengan begitu, para orangtua pun akan mendapat gambaran tentang dunia kampus yang akan dimasuki buah hati mereka. (waw)

No Comments

Reply